Opini

Peluang dan Tantangan Organisasi Dalam Kacamata Politik Pemerintahan Pada Pemanfaatan Suatu Organisasi

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
107
×

Peluang dan Tantangan Organisasi Dalam Kacamata Politik Pemerintahan Pada Pemanfaatan Suatu Organisasi

Sebarkan artikel ini
Alumni Teknik Sipil UMMU Ternate. (Pegiat dan Pemerhati Politik dan Sosial), Idham Abuhaer, ST. Foto: ist
Alumni Teknik Sipil UMMU Ternate. (Pegiat dan Pemerhati Politik dan Sosial), Idham Abuhaer, ST. Foto: ist
53 / 100

Peran tersebut juga dapat di manfaatkan dan di arahkan untuk memperbaiki posisi organisasi.

Tantangan

Pada organisasi juga kita mendapat berbagai tantangan dalam memaksimalkan pemanfaatan tantangannya. Secara internal, tantangan pemanfatannya masih berputar pada permasalahan dunia kerja, yaitu kerja sama dan koordinasi antar lembaga terkait, terutama yang berhubungan dengan dunia kerja.

Baca juga: Pemerintah Terbitkan PP 58/2023 Tentang Tarif Pemotongan Pajak Penghasilan

Sementara Itu, pemanfaatan organisasi juga mendapat tantangan yang bersifat eksternal yakni adanya berbagai faktor seperti perubahan politik nasional seperti krisis ekonomi yang mengarah pada tingginya pengangguran ketidakpastian ketidakseimbangan posisi dan kekuasaan pada sistem nasional.

Penguatan posisi dalam menghadapi persaingan kepentingan dimaksud menjadi sangat penting dalam upaya memaksimalkan manfaat berorganisasi dalam pencapaian kepentingan berorganisasi.

Baca juga: Rokok Elektrik Mulai 1 Januari 2024 Akan Dikenai Pajak

Strategi Pemanfaatan Organisasi

Secara umum organisasi perlu terus mempertahankan keterlibatannya dalam berbagai organisasi sebagai bagian dari perwujudan diplomasi dalam pelaksanaan demokrasi politik dalam negeri yg bebas dan aktif.

Namun demikian dalam mengoptimalkan pemanfaatannya, pemerintah perlu merumuskan suatu strategi dalam pemanfaatan suatu organisasi termasuk perumusan peran negara pada organisasi melalui penggunaan pendekatan terintegrasi, sehingga dimasa mendatang dapat menjadi acuan arah kebijakan bagi keterlibatan lembaga dalam organisasi lokal maupun nasional.