NasionalHankam

Imparsial: Panglima TNI Harus Hentikan Rencana Penambahan Kodam untuk Seluruh Provinsi di Indonesia

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
74
×

Imparsial: Panglima TNI Harus Hentikan Rencana Penambahan Kodam untuk Seluruh Provinsi di Indonesia

Sebarkan artikel ini
1709227241196
59 / 100

Lebih jauh, Gufron menyatakan eksistensi komando teritorial tidak lagi memiliki relevansi dan signifikansi dengan konteks ancaman yang dihadapi secara geografi Indonesia sebagai negara kepulauan.

“Struktur Koter sebagai bagian dari postur pertahanan dan gelar kekuatan TNI harus diganti dengan model yang kontekstual yang diharapkan mampu merespon situasi perkembangan ancaman yang bersifat dinamis dan mempertimbangkan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan,” ujarnya.

Rencana Mabes TNI yang ingin melakukan penambahan Kodam baru tersebut, maka Imparsial mendesak.

Pertama, Mabes TNI harus menghentikan rencana penambahan Kodam untuk semua Provinsi Indonesia. Selain tidak berkontribusi memperkuat pertahanan negara, penambahan Kodam hanya akan menimbulkan sengkarut pengelolaan keamanan dalam negeri dan berdampak buruk bagi demokrasi.

“Lebih dari itu, penambahan Kodam untuk seluruh provinsi di Indonesia juga sebagai bentuk pemborosan anggaran pertahanan negara di tengah terbatasnya anggaran untuk pemenuhan dan modernisasi alutsista kita saat ini,” ujar Gufron.

“Ketua, Pemerintah dan DPR segera melakukan restrukturisasi komando teritorial (Kodam hingga Koramil) dan digantikan dengan model postur dan gelar kekuatan militer yang lebih kontekstual dengan dinamika ancaman dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan,” tandas Gufron.