NasionalHankam

Hidupkan Kembali Dwi Fungsi TNI Melalui RPP Manajemen ASN, SETARA Institute: Khianati Amanat Reformasi

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
50
×

Hidupkan Kembali Dwi Fungsi TNI Melalui RPP Manajemen ASN, SETARA Institute: Khianati Amanat Reformasi

Sebarkan artikel ini
Whats App Image 2024 01 31 at 09 21 34 1 b796cc5019
55 / 100

“Hal itu nyata-nyata mengkhianati amanat Reformasi 1998 yang menghapus Dwi Fungsi ABRI (kini TNI/Polri) dan mengamanatkan profesionalisme TNI di bidang pertahanan/keamanan,” tegasnya.

Dalam konteks itu, dirinya mengatakan penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) harus dipersoalkan.

“Salah satu muatan dalam Rancangan peraturan tersebut adalah mengenai jabatan-jabatan ASN yang dapat diisi oleh prajurit TNI dan Polri,” kata Halili.

Kembali Halili menegaskan Reformasi TNI/Polri tidak menjadi ruh dalam RPP ini dan sangat potensial mengulang praktik Dwifungsi ABRI.

“Terlebih mengikuti kecenderungan yang selama ini terjadi pada periode Presiden Joko Widodo yang tidak memiliki paradigma supremasi sipil dalam demokrasi dan abai terhadap reformasi TNI/Polri, peraturan ini jelas akan mengakselerasi perluasan posisi TNI/Polri pada jabatan sipil, terutama jabatan-jabatan tertentu yang selama ini menjadi ranah ASN,” tegasnya lagi.

Selain itu, masih kata Halili RPP ini juga memiliki kompleksitas persoalan yang perlu diatasi melalui pengaturan yang terperinci dengan kriteria yang tepat.