Daerah

Gajah Sumatera Ditemukan Mati Tanpa Gading di Wilayah TNTN

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
41
×

Gajah Sumatera Ditemukan Mati Tanpa Gading di Wilayah TNTN

Sebarkan artikel ini
20240112 144739
62 / 100

Selanjutnya Heru menjelaskan Jumadi segera melaporkan kondisi gajah Rahman ke koordinator Mahout dan diteruskan ke Kepala SPTN Wilayah I LKB, Didin Hartoyo.

“Kepala SPTN dan petugas di lapangan berkoordinasi dengan dokter hewan BBKSDA Riau untuk penanganan awal Gajah Rahman,” jelasnya.

Baca juga: Terkait Judi Online, PPATK Mencatat Perputaran Dana di Indonesia Capai Rp327 Triliun

Lebih lanjut Heru menjelaskan kemudian tim flying squad Taman Nasional Tesso Nilo segera memberikan pertolongan dipandu oleh Dokter Hewan dari tim medis BBKSDA Riau, sementara tim medis dari BBKSDA Riau bergerak ke lokasi dari Pekanbaru.

Dirinya menyampaikan kepala SPTN Wilayah I LKB juga berkoordinasi dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ukui untuk olah TKP awal dan pengambilan keterangan.

Baca juga: Tobas Prihatin Terhadap Perkembangan Pengungsi Rohingya, Kita Punya Pancasila

“Telah dilakukan berbagai upaya penyelamatan seperti memberikan obat pencahar (norit) melalui mulut menggunakan selang, memberikan susu melalui mulut dengan menggunakan selang, mencuci anus, dan memberikan
asupan berupa gula cair melalui mulut dengan selang, berdasarkan panduan dan rekomendasi dari dokter hewan BBKSDA Riau. Gajah Rahman tidak tertolong dan dinyatakan mati pukul 15.55 WIB di hari yang sama,” kata Heru menjelaskan

Setelah terkonfirmasi mati, masih kata Heru Gajah Rahman langsung dilakukan tindakan nekropsi/pembedahan oleh tim medis dengan hasil: satu buah gading sebelah kiri sudah hilang, di potong dengan menggunakan benda tajam sampai ke pangkal gading, dan pada organ-organ pencernaan dan organ dalam berwarna pucat dan ditemukan sisa buah pepaya dan serpihan serbuk berwarna hitam yang diduga racun.